Workshop Metode Riset Photo Essay dalam Bingkai Ekologi Politik

Kategori: Event

 

Memahami  'Ekologi Politik' Kalimantan Timur sebagai ruang hidup membutuhkan metode yang memungkinkan para mahasiswa mampu menangkap situasinya di lingkungan sekitar. Dalam hal ini Fakultas Hukum Universitas Mulawarman (FH UNMUL) menggelar “Workshop Metode Riset Photo Essay dalam Bingkai Ekologi Politik” kerjasama dengan Pusat Studi Hukum Perempuan dan Anak (PuSHPA), Extracting Us at POLLEN 2020, Tim Kerja Perempuan dan Tambang (TKPT), dan Jaringan Advokasi Tambang (JATAM).

Bertempat di Gedung B, ruang B-204, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16-17 Nopember 2019. Menghadrikan narasumber Dr. Haris Retno Susmiyati, SH., MH ( Ketua PuSHPA), Siti Maimunah (Ph.d Candidate - Pasau University), Dissy Ekapramudita (Fotografer- Jakarta), dan Abdallah Naem (Fotografer-Aktivis, Samarinda), dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang.

Foto sebagai metode etnografi (photographic ethnography) selain untuk mendapatkan data, juga bisa digunakan untuk mengurai sejarah sebuah ruang dan relasi sosial termasuk gender serta untuk menyamnpaikan argument. Menyusun foto dalam bentuk ‘foto essay’ memungkinkan ruang percakapan antara foto dan narasi yang memungkinkan melihat sesuatu dengan cara berbeda. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan konsep “Ekologi Politik” dan metode riset fotografi, berlatih membuat photo essay dalam bingkai ekologi politik, dan menyusun rencana riset mandiri menggunakan riset fotografi dalam bingkai ekologi politik.

Gambar 1: Lampiran foto pertama

Gambar 2: Lampiran foto kedua

Prev Next