Kuliah Lapang di Pengadilan Agama Kelas 1 Samarinda

Kategori: Event

 

Jum'at 6 Desember 2019. Mahasiswa Fakultas Hukum UNMUL telah melakukan kuliah lapang di pengadilan agama kelas 1 Samarinda. Kegiatan tersebut dilakukan guna menambah pemahaman mahasiswa terhadap tata beracara di pengadilan agama mulai dari mekanisme pendaftaran hingga tugas, fungsi dan kewenangan absolut dan kewenangan relatif pengadilan agama. Selain itu dalam kuliah lapangan tersebut juga memberikan suatu informasi baru mulai dari sejarah awalnya pengadilan agama di Indonesia dan tugas fungsi dan wewenang ketua pengadilan agama sekretaris dan panitera muda di pengadilan agama.

Selama kegiatan berlangsung pembelajaran berjalan menarik, pasalnya banyak mahasiswa yang antusias dalam memberi pertanyaan kepada narasumber. Menarik ketika narasumber mensosialisasikan terkait dengan perma Nomor 1 Tahun 2019 tentang administrasi perkara dan persidangan di pengadilan secara elektronik, dalam perma ini mengatur pendaftaran melalui e-Filling, e-Payment, ini sesuai dengan asas sederhana, biaya murah dan ringan selain itu pengadilan juga menerpakan e-litigasi dan e-court banyak pertanyaan menarik terkait dengan mekanisme pelaksanaan hingga kekurangan dan kelebihan dari e-court tersebut.

Hadirnya kuliah lapangan di pengadilan agama kelas 1 samarinda membuktikan adanya kerjasama antara Fakultas Hukum universitas Mulawarman dengan Pengadilan Agama Kelas 1 Samarinda untuk membentuk generasi yang sadar hukum dan berintegritas. Guna merawat intelektualitas dan menambah kapasitas mahasiswa. Ini juga bertujuan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk pengabdian kepada masyarakat yang akan memberikan sosialisasi dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang masih awam dalam tata cara beracara di pengadilan agama.

Oleh :
Mahasiswa semester 5 Fakultas Hukum Universitas Mulawarman.
Mata kuliah hukum acara Peradilan Agama.

Gambar 1: Lampiran Foto 1

Gambar 2: Lampiran Foto 2

Prev Next