Logo
KATEGORI

Berita

AUTHOR

admin

PUBLISHED

07 November 2019

VIEWS

115 Kali


Diseminasi Hasil Kegiatan Multilateral Dalam Penerapan UNCAC di Indonesia

Dalam rangka menyebarkan informasi penting yang diperoleh dalam forum-forum multilateral kepada masyarakat luas, Direktorat Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi (PJKKI) bekerjasama dengan Pusat Studi Anti Korupsi Fakultas Hukum Universitas Mulawarman menyelenggarakan kegiatan dengan tema “Diseminasi Hasil Kegiatan Multilateral Dalam Penerapan United Nations Convention Against Corruption (UNCAC) di Indonesia” bertempat di Aula Gedung B lantai 3, Rabu, 6 November 2019. Yang diikuti oleh 140 mahasiswa FH Unmul, FISIP Unmul, Widyagama dan UMKT, serta dari beberapa aliansi masyarakat sipil.

Tags :

Menghadirkan narasumber Dr. Mahendra Putra Kurnia, SH., MH (Dosen Hukum Internasional) dengan materi “ Peran serta dan manfaat Indonesia dalam forum-forum multilateral dan perlunya mengawasi implementasi dari keputusan-keputusan komitmen global terkait perbaikan dan penguatan lembaga pemberantasan korupsi sebagaimana yang diatur dalam pasal 6 dan 36 UNCAC”,  Sonny Sudiar, S.IP., MA (Dosen Ilmu Hukum Internasional, FISIPOL Unmul) dengan materi “Pentingnya kerjasama multilateral di bidang anti korupsi dalam penerapan politik Indonesia yang bebas aktif. Komitmen politik Nasional dalam mengimplementasikan hasil-hasil rekomendasi Internasional terkait hasil review UNCAC”, Sujarnako (Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi KPK) dengan materi “Tanggung Jawab Indonesia dan peran KPK dalam menindaklanjuti hasil-hasil rekomendasi pertemuan anti korupsi di dunia Internasioal”, Dadang Trisasangko (Sekretaris Jendral Transparency International Indonesia (TII) dengan materi “Peran masyarakat sipil dalam mengawasi tindak lanjut hasil-hasil rekomendasi pertemuan multilateral di bidang anti korupsi. Pentingnya penguatan lembaga pemberantasan korupsi sesuai dengan amanat pasal 6 dan 36 UNCAC”.

 
Hasil dari diseminasi ini adalah pentingnya suatu pemberantasan korupsi, dalam hal ini KPK dan pentingnya independensi KPK, karena apabila KPK tidak independen, KPK tidak akan bisa menyelesaikan korupsi dengan baik.

Bahan Presentasi dapat di Download di link berikut:
1. Mahendra Putra feat Yusnia Tika S - Indonesia Dan Upaya Penguatan Lembaga Anti Korupsi DOWNLOAD
2. Soni Sudiar - Urgensi Kerjasama Multilateral Bidang Korupsi DOWNLOAD
3. Dadang Trisasongko - Eksistensi Dan Independensi Badan Antikorupsi DOWNLOAD
4. Sujanarko - Peran KPK dalam Implementasi Komitmen Global di Indonesia DOWNLOAD

 



COPYRIGHT © 2017 FAKULTAS HUKUM - UNIVERSITAS MULAWARMAN
Back to top