Logo
KATEGORI

Berita

AUTHOR

admin

PUBLISHED

29 Mei 2019

VIEWS

67 Kali


Seleksi Peserta Peradilan Semu Mahkamah Konstitusi

Fakultas Hukum Universitas Mulawarman mengadakan seleksi lomba peradilan semu, bertempat di Aula Gedung B lantai 3, pada hari Senin, 27 Mei 2019, yang diikuti oleh 13 peserta dan dibagi menjadi 3 tim. Peserta diwajibkan membuat legal opini kasus: “ Apakah Pasal 359 ayat (1) dan ayat (2) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun2009 tentang Penerbangan bertentangan dengan Pasal 28F Undang-Undang Dasar Negara RI 1945” yang dinilai oleh dewan juri bapak Insan Tajali Nur, SH., MH, bapak Deny Slamet Pribadi, SH., MH, dan bapak Harry Setya Nugraha, SH., MH.

Tags :

Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaaan dan Alumni bapak Nur Arifudin, SH., MH membuka acara yang menyampaikan bahwa, peradilan semu merupakan media bagi mahasiswa untuk melaksanakan praktek beracara dalam penanganan  suatu perkara di Pengadilan. Kegiatan seleksi ini diadakan dalam rangka meningkatkan wawasan, pemahaman sikap dan perilaku sadar berkonstitusi, serta mendorong peningkatan pemahaman terhadap berbagai isu konsitusi dan permasalahan norma-norma hukum di Indonesia bagi akademisi khususnya mahasiswa.

Diharapkan peserta dapat menguasai permasalahan dan penyelesaiannya dengan kajian ilmu hukum yang bersifat akademis berdasarkan kerangka yuridis normatif. Sehingga dapat memutuskan dan menyelesaikan penanganan perkara secara tuntas, dan memiliki kemampuan dalam membuat atau menyusun berkas-berkas yang diperlukan dalam proses beracara di Pengadilan. Peserta yang lolos dalam seleksi ini akan mengikuti lomba Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi Piala Mahkamah Konstitusi VI Tahun 2019, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengajar Hukum Acara Mahkamah Konstitusi (APHAMK).



COPYRIGHT © 2017 FAKULTAS HUKUM - UNIVERSITAS MULAWARMAN
Back to top