Logo
KATEGORI

Event

AUTHOR

admin

PUBLISHED

05 Mei 2019

VIEWS

19 Kali


Seminar “Upaya Hukum Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Mahkamah Konstitusi Melalui Video Conference”

Selasa, 30 April 2019, Fakultas Hukum Universitas Mulawarman menyelenggarakan Kegiatan Seminar “Upaya Hukum Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Mahkamah Konstitusi Melalui Vidio Conference” bertempat di lantai 3 gedung A ruang Vicon FH Unmul yang dihadiri oleh anggota Partai Politik, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan para mahasiswa kader klinik pemilu. Menghadirkan narasumber Pan Mohamad Faiz Kusuma Wijaya S.H., M.C.L., Ph.D. (Peneliti Senior sekaligus Panitera Pengganti) yang dimoderatori oleh bapak Harry Setya Nugraha S.H., M.H.

Tags :

Acara dibuka oleh dekan FH Unmul Dr. Mahendra Putra Kurnia., S.H., M.H yang menyampaikan seminar ini adalah edukasi kepemiluan bagi masyarakat dan parpol, karena cara mengatasi perselisihan hasil pemilihan umum harus melalui proses persidangan di Mahkamah Konstitusi dan FH Unmul adalah salah satu dari 46 perguruan tinggi di Indonesia yang bekerjasama dengan MK umtuk penyelenggaraan persidangan jarak jauh atau Vidio Conference.

Selanjutnya dilanjutkan dengan pemaparan narasumber yang menyampaikan bahwa pelaksanaan sidang jarak jauh dengan mekanisme Vidio Conference diatur dalam peraturan MK Nomor 18 Tahun 2009 tentang PedomanPengajuan Permohonan Elektronik (Electronic Filling) dan Pemeriksaan Persidangan Jarak Jauh (Vidio Conference). Untuk melakukannya, pihak yang masih memiliki perkara sidang di MK harus mengajukan permohonan tertulis yang ditujukan kepada ketua MK melalui Panitra MK.



COPYRIGHT © 2017 FAKULTAS HUKUM - UNIVERSITAS MULAWARMAN
Back to top