Logo
KATEGORI

Berita

AUTHOR

Admin

PUBLISHED

28 Januari 2019

VIEWS

241 Kali


Kesadaran Hukum Pada Kampung Halaman (KEHUPAMAN) - Artikel Ke-2

Untuk menyadarkan pentingnya hak lingkungan yang baik dan sehat, pada hari Sabtu, 26 Januari 2019 Rombongan Tim Dosen dan Mahasiswa Magister, dan S1 Fakultas Hukum Universitas Mulawarman, mengadakan sosialisasi Hak atas lingkungan yang baik dan sehat terhadap lingkungan di sekitarnya di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda di Rumah Bapak M. Aini, S.Pd, MM, sebagai Ketua RT.1.

Tags :

Pasal 28 H Ayat (1) UUD NRI Tahun 1945, menjamin hak atas lingkungan yang baik dan sehat dalam kehidupan bermasyarakat, yang diimplementasi dalam UU No.32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Hak ini, akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan kesehatan di lingkungan sekitar.

Program PKM Fakultas Hukum Universitas Mulawarman ini diselenggarakan dalam rangka untuk mengisi liburan mahasiswa Fakultas Hukum, dalam program road show, Kesadaran Hukum Pada Kampung Halaman (KAHUPAMAN) pada tempat tinggalnya untuk berbagi ilmu pengetahuan terkait dengan masalah-masalah hukum dan berintraksi dengan penduduk sekitarnya. Dengan datang dan bersosialisasi terkait masalah hokum ini secara langsung memberi nilai lebih bagi mahasiswa untuk mengimplementasi ilmu dibangku kuliah, menjalin silaturahmi dan kerjasama berupa program kegiatan pengabdian kepada masyarakat, antara orangtua mahasiswa, masyarakat sekitar mahasiswa dan Fakultas Hukum Universitas Mulawarman. PKM ini wujud dari tri dharma perguruan Tinggi Universitas Mulawarman di Kaltim, berupa pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Tim PKM Fakultas Hukum, terdiri dari: Dr. Siti Kotijah, S.H, M.H., Ine Ventryrina, SH., M.H., Fitriyah, S,H., dan Dewi Anjani. Yang dalam kegiatan PKM ini, dibantu mahasiswa-mahasiswa semester Satu, dan tinggi. Pada acara PKM kali ini, yang menjadi narasumber Ibu Ine Ventryrina, SH, MH, jaminan atas hak lingkungan yang baik dan kesehatan, dan lanjutkan Dr. Siti kotijah yang memaparkan penggunaan sampah plastik dan bahayanya bagi lingkungan. Selama acara PKM, masyarakat yang datang, kebanyakan ibu-ibu sangat antusias dalam mempertanyakan masalah-masalah kesehatan.

Pengabdian kepada masyarakat ini, memberi kesan yang mendalam, atas keramahan, kegembiran, serta rasa antusias atas partisipasi dalam sosisalisasi kegiatan. Terimakasih kepada semua yang membantu. Harapannya masyarakat semakin sadar akan lingkungan dan kesehatan di sekitar yang telah dijamin oleh negara. Jayalah Fakultas Hukum.



COPYRIGHT © 2017 FAKULTAS HUKUM - UNIVERSITAS MULAWARMAN
Back to top