Logo
KATEGORI

Berita

AUTHOR

Administrator

PUBLISHED

06 Juni 2018

VIEWS

54 Kali


Pelaksanaan Asesmen Lapangan Prodi Sarjana Ilmu Hukum FH Unmul

Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan asesmen lapangan akreditasi Program Studi Sarjana Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Mulawarman pada tanggal 27-29 Mei 2018.

Tags :

Sebelum ke Fakultas Hukum Tim asesor BAN-PT yang terdiri dari Prof. Dr. Yuliandri., SH., MH dan Prof. Dr. I Made Arya Utama., SH., M.Hum disambut oleh Rektor Universitas Mulawarman Prof. Dr. Masjaya., M.Si, yang di saat bersamaan juga kedatangan tim asesor untuk akreditasi program studi  pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (PJKR) FKIP Unmul. Proses Akreditasi BAN-PT ini merupakan salah satu hal yang penting bagi Universitas Mulawarman untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikannya.

Setelah dari gedung Rektorat Universitas Mulawarman, Tim Asesor kemudian menuju Fakultas Hukum untuk melanjutkan kegiatan asesmen lapangan. Kegiatan ini dibuka oleh Prof.Dr.Ir. Mustofa Agung Sardjono yang merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik, didampingi oleh Dekan Fakultas Hukum dan Jajarannya serta Tim Penyusun Borang Akreditasi. Hadir pula Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unmul Prof. Dr.Ir. Agus Sulistyo Budi. Sesi pembukaan berlangsung tiga puluh menit dengan penyampaian dari Koordinator Program Studi dan pertanyaan dari tim asesor.

Prof. Dr. Yuliandri., SH., MH sebagai ketua tim asesor BAN-PT memimpin proses wawancara dengan Dosen, Pengguna Lulusan, Tenaga Kependidikan, Alumni dan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mulawarman. Kegiatan ini dilakukan di ruang Laboratorium Arbitrase Gedung B dan  di Ruang Dekan Gedung Dekanat Fakultas Hukum.

Pada sesi pertama asesor melakukan wawancara dengan alumni, pengguna lulusan dan Dosen. Hadir sebagai pengguna lulusan dari Kantor Wilayah Hukum dan HAM, Kantor Perwakilan Kementerian Pertahanan (Kemhan), Kejaksaan Tinggi, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltimtara dan Kantor Pengacara. Sementara alumni yang berpartisipasi berasal dari berbagai profesi mulai dari Notaris, Advokat, Jaksa dan staf hukum di kantor pemerintahan.

Adapun sesi kedua yang dilakukan di ruang Dekan, Asesor melakukan wawancara dengan Mahasiswa dan Tenaga Kependidikan. Mahasiswa yang hadir berasal dari perwakilan masing masing angkatan mulai tahun 2014 hingga 2017, sedangkan tenaga kependidikan mewakili bidangnya masing masing mulai dari keuangan, kepegawaian, akademik, IT, perlengkapan sampai keamanan.

Disaat yang sama Prof. Dr. I Made Arya Utama., SH., M.Hum melakukan klarifikasi dan verifikasi dokumen borang 3A dan 3B kepada Tim Penyusun Borang. Dokumen pendukung telah disiapkan oleh Tim Penyusun borang  mulai dari standar 1 sampai standar 7 cukup membantu dalam proses verifikasi.

Setelah proses verifikasi dokumen dan wawancara selesai, Tim Asesor memberikan draft berita acara asesmen lapangan yang kemudian ditanggapi oleh program studi, dan dilanjutkan dengan rapat tertutup tim asesor. Asesmen lapangan diakhiri dengan penyerahan berkas asesmen lapangan yang telah ditandatangai oleh Dekan Fakultas Hukum dan Koordinator Program Studi.

Akhirnya proses asesmen lapangan akreditasi program studi sarjana ilmu hukum selesai, Tim Asesor langsung melanjutkan perjalanan ke Balikpapan untuk bersiap penerbangan pagi.  Adapun  civitas akademika dan tenaga kependidikan buka puasa bersama di Gedung Dekanat lantai 1 sembari berdoa dan berharap diberikan hasil yang terbaik dalam akreditasi ini. Semoga bisa akreditasi A, Aamiin.



COPYRIGHT © 2017 FAKULTAS HUKUM - UNIVERSITAS MULAWARMAN
Back to top